Blognya : Eka Risyana Pribadi

tentang apapun sajalah…

Pengertian Bimbingan dalam Konsep Bimbingan dan Konseling

Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah terlepas dari berbagi masalah. Masalah yang menimpa manusia terkadang membuat manusia menjadi frustrasi, tak berdaya, nelangsa dan putus asa. Bahkan tak jarang orang yang begitu banyak diterpa berbagai masalah hidup lebih memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena tak kuasa menghadapi masalah tersebut. Hal ini diakibatkan oleh tidak adanya pengetahuan, ilmu, serta pengalaman dalam mengahapi masalah. Oleh sebab itu manusia harus mendapat bimbingan agar mampu membantu keluar dari masalah yang sedang dihadapinya.

Untuk lebih memahami apakah ‘bimbingan’ itu, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengulas tentang pengertian bimbingan dari berbagai sisi yaitu dilihat dari segi bahasa serta dilihat dari segi istilah (pendapat para ahli). Bimbingan secara bahasa dapat berarti sebagai berikut :

  • menunjukkan
  • menentukan
  • mengatur
  • mengemudikan
  • memimpin
  • mengadakan
  • mengistruksikan
  • memberi saran
  • mengatur

Sedangkan secara istilah, ‘bimbingan’ diartikan dengan pengertian yang beragam oeh para ahli namun dengan satu kata kunci yang sama yaitu “membantu”. Mungkin hal ini agak bersebrangan dengan pengertian bimbingan secara bahasa yang lebih menekankan peran aktif pembimbing sedangkan orang yang dibimbing lebih pasif. Akan tetapi proses bimbingan pada saat sekarang lebih mengacu kepada peran aktif seorang yang dibimbing untuk dapat menetukan langkah apa yang akan diambil ketika menghadapi masalah, sedangkan pembimbing tidak lebih sebagai orang yang membantu dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Berikut saya cantumkan beberapa pengertian bimbingan menurut para ahli:

  • Miller (I. Djumhur dan Moh. Surya, 1975) mengartikan bimbingan sebagai proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum di sekolah, keluarga dan masyarakat.
  • Dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dikemukakan bahwa “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan”.
  • Djumhur dan Moh. Surya, (1975)  berpendapat bahwa bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya  (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah dan masyarakat.

Dari tiga pendapat tersebut di atas dapat kita ambil beberapa kata kunci yang berkaitan dengan pengertian bimbingan, diantaranya:

  • Proses bantuan agar tercipta pemahaman diri untuk menyesuaikan diri di mana saja berada
  • Bantuan untuk mengenal diri dan lingkungan sehingga ia dapat menggunakan potensinya
  • Kegitan yang terorganisir dan sistematis sehingga menyadari tentang dirinya sebagai individu dan anggota masyarakat
  • Bantuan untuk membuat keputusan, pengaturan dan pemecahan masalah
  • Kegiatan yang berkesinambungan agar tercipta self understanding, self acceptance, self direction, dan self realization
  • Pelayanan secara personal atau kelompok agar dapat mencapai kemandirian dan perkembangan yang optimal

Berdasarkan uraian tersebut diatas mengenai pengetian bimbingan secara bahasan dan secara istilah menurut pemikiran para ahli serta beberapa kata kunci yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan merupakan suatu proses bantuan secara sistematis, terorganisir, dan berkesinambungan yang diberikan kepada seseorang, kelompok atau masyarakat agar bisa membuat keputusan, memecahkan masalah, dan bisa memahami diri dan lingkungannya sehingga dapat menyesuaikan diri dimana pun ia berada serta dapat mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya

About these ads

8 responses to “Pengertian Bimbingan dalam Konsep Bimbingan dan Konseling

  1. Enny 7 April 2010 pukul 12:41 pm

    blh ya aq copy sbg bahan tambahan bt mat.kul qu..trims….

  2. adeq 28 Mei 2010 pukul 11:23 am

    makasihh iaa..
    kmu nambah referensi pengertian bimbingan buat skripsi aq..
    sx ge makasih iaa.. :D

  3. isti 8 Juli 2010 pukul 2:20 am

    makasih….

  4. noly 2 Agustus 2010 pukul 8:53 am

    makasi krn situs ini sya bsa buat tugas dari sekolah

  5. richa 10 November 2010 pukul 2:14 am

    trimakasih….
    kmu sudah bntu q menmbahkan isi dri makalah q….

  6. haf 4 Desember 2010 pukul 9:09 pm

    trim’s sobat, artikelnya sangat mmbantu aq sbg referensi tambhan.skli lagi trim’s.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 474 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: