My Squad : Departemen Pengembangan Organisasi

Oleh : Eka Risyana Pribadi

Tulisan ini dibuat dengan tujuan mengenang pengalamanku mengemban amanah sebagai kepala departemen (Menteri) di Departemen Pengembangan Organisasi (DPO), KEMAKOM FPMIPA UPI. Sungguh tak terbayangkan seorang Zulkifli (Presiden Kemakom) bisa mempercayakan departemen ini kepadaku. Semua berawal ketika sekitar bulan April 2008 aku ditawari untuk bergabung di departemen ini. Mungkin salah satu alasannya memilihku karena di kepengurusan tahun sebelumnya aku duduk di DPM (legislatif) yang kebagian tugas mengawasi DPO, atau nampaknya tidak ada orang lagi yang mau menjadi kepala departemen DPO. Dan anehnya aku pun menerima tawaran tersebut karena alasan yang tak bisa aku sebutkan di sini.

Oke, akan aku perkenalkan rekan-rekan yang selama ini berjuang bersama untuk memberikan manfaat dan sesuatu yang terbaik. Tanpa mereka perjuangan tak akan pernah ada. Dan tanpa mereka pun aku tak bisa apa-apa.

kang-agung1Agung Prasetyo. Dia adalah perantau dari pulau sumatera dan (mungkin) sekampung dengan Kangen Band, karena sama-sama dari Lampung . Orang yang sangat realistis dalam menjalankan sesuatu. Semuanya dijalankan dengan tenang tapi terkadang terkesan seadanya. Lagi sibuk-sibuknya nyantri di DT sehingga kalau ke kampus kadang-kadang suka pake syal ungu. Walau begitu dia masih bisa diajak bercanda kok.

teh-anesAnissa Rosa. Biasa dipanggil ‘Teh Anes”. Dia orang Bandung asli, jadi agak jauh kalo ke kampus. Jadi suka kasihan kalau ada jadwal rapat sore hari sedangkan di paginya dia gak ada kuliah. Orangnya mudah diajak ngobrol dan diajak tertawa. Melihatnya aku jadi teringat sepupuku. Jadi inget, teh anes pernah ‘terpaksa’ pulang sendirian ketika acara pentupan BMail karena kehabisan tempat duduk di angkot dan tak ada tempat boncengan motor.

dindaDinda Agus T. Namanya mirip nama perempuan, tapi aslinya laki-laki banget. Orangnya dingin dan sulit diajak bercanda. Dia selalu dipercaya menjadi ketua dalam berbagai acara dadakan. Kayaknya ‘kabeungeutan’ jadi pemimpin, jadi orang lain dengan yakin mempercayakan padanya.  Hal yang masih menjadi misteri bagiku adalah ‘apakah dia punya ilmu debus ?’. Soalnya dia itu dari Banten lho.

loviLovi Triono. Dulu aku menyangka dia adalah squad tertua di departemen ini. Dengan badan tinggi besar dan suara menggelegar apalagi kalau sedang tertawa, tak akan ada yang menyangka bahwa dia lahir di pertengahan ’90. itu berarti dia adalah squad termuda di DPO. Lantang dalam berkata namun terkadang membuat gaduh seisi ruangan. Dia juga adalah seorang teknisi di labolatorium programming.

arfi1Arfi Fauzi. Semangat anak ini tak dapat disembunyikan dari siapapun. Amanah yang dipercayakan kepadanya selalu dilakukan dengan semangat dan tanggung jawab. Arfi nampaknya sudah menjadi selebritis di kalangan mahasiswa baru angkatan 2008 karena diantara kami dialah yang paling sering berinteraksi dengan mahasiswa baru. Hobinya adalah jadi MC dan main futsal.

fajar1Fajar Kuntoro. Seorang aktifis yang sering melakukan aksi turun ke jalan dengan jam terbang yang tinggi. Sudah dikenal oleh satpam UPI (kata dia nya). Terlihat pendiam namun ternyata dibalik itu dia orang yang tegas dan berani. Walau begitu harus terus dimotivasi dan diarahkan agar bisa memotivasi diri dengan kepercaayan diri yang tinggi. Satu lagi, dia adalah orang lampung yang berlogat jawa (solo).

eraEra Susilawati. Bendahara DPO asal kota Cilacap ini sangat kritis mengenai apa yang terjadi di departemen. Dia yang mengusulkan tata tertib rapat agar lebih tertib. Terkadang agak centil dan sulit dimengerti. Mantan aktifis pramuka ini terkenal di mahasiswa ilkom 2008 sebagai petugas penagih uang kemahasiswaan. Sama seperti agung, era juga adalah seorang santriwati DT.

icinElfa Silfiana. Sekretaris DPO asal Minang ini biasa dipanggil isil atau icin. Punya bakat terpendam, yaitu menulis. Bisa dilihat diblognya. Dan satu hal yang  nampaknya akan sulit dilakukan oleh isil adalah meminjamkan laptopnya ke lovi karena kapok theme-nya pernah diganti tanpa seizin isil. Selain itu dia juga adalah seorang tutor di program tutorial UPI, berarti sudah terlatih menghadapi berbagai jenis karakter manusia.

deaDea Rokhmatun. Perantau dari negeri Majalengka ini punya skill berdebat yang tinggi, hati-hati saja kalau berdebat dengannya, ntar jurusnya di-summon. Terbukti dengan berhasil menjadi semifinalis lomba debat se-jawaBarat beberapa waktu yang lalu. Punya idealisme tinggi yang sulit digoyahkan, walau begitu dia tetep bisa diajak bercanda. Dan dia juga adalah salah satu asisten dosen (asdos)  mata kuliah PTI.

ega1Siska Lamediesgava. Melafalkan nama belakangnya memang cukup sulit, oleh sebab itu dia biasa dipanggil ‘ega’. Sifatnya supel dan mudah diajak ngobrol serta mempunyai skill fotografi yang tak kalah dibanding anak-anak Performa. Oleh sebab itu dia sering dipercaya menjadi penanggung jawab bidang Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi (PDD)

teh-iyamMaryam Nur. Bisasa dipanggil teh Iyam. Teteh  ini biasa menjadi rujukan kebijakan departemen karena pada kepengurusan tahun sebelumnya dia juga berada di departemen ini. Berarti teteh yang asli Bandung ini sudah dua periode berada di DPO, hebat ya. Sama seperti isil, punya bakat terpendam yaitu menulis, lihat saja blognya.

***

Di luar adanya kesalahan, kekurangan dan kelalaian kami ketika menjalankan tugas, aku sangat bersyukur dapat mengenal dan bekerja bersama dengan mereka. Luar biasa. Banyak hal yang aku pelajari selama itu. Terima kasih.

6 thoughts on “My Squad : Departemen Pengembangan Organisasi

  1. Oh ini toh yg kg eka blang..Ga krasa y DPO dah hmpr bubar,jd ktwa2 sndiri bca ny,g nyngka trnyata kg eka thu scra detail profil staf2ny..Snang bsa bkrja sma…

    1. @isil :
      hanya mencoba mengapresiasikan apa yang aku rasakan terhadap kalian. slamat bertemu di next project.
      this is not a farewell.🙂

  2. assalamualaikum..
    rajinnya..menteri DPO..
    mana nie comment dari anak DPO laen.. kok cuma isil aja..

    ckckck..
    pemimpin yg baik..
    setidaknya.. menteri DPO yang satu ini berusaha mamahami orang-orang yang ada di bawahnya..

    good…good…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s