Product Review : ACER ASPIRE 4530

acer45302mz4

Saya browsing laptop dengan harga di bawah 7 juta namun dengan prosesor yang sudah dualcore. Akhirnya saya tertarik dengan Acer Aspire 4530 dengan processor AMD Turion X2 2.2GHz. Yah, itu laptop termurah dibanding merek lain dengan spek yang sebanding. Tak lama setelah itu saya langsung survey ke TKP (BEC). Sial, dollar naek !. Laptop tersebut yang asalnya dibawah 7 juta, jadi malah di atas 7 juta !.

Setelah di install OS, driver, dan JDK (tentunya), laptop-ku itu nampaknya baik-baik saja. Tapi ternyata tidak, wireless LAN nya sedikit ada trouble. Si windows gak bisa mengenali sepenuhnya device dengan nama atheros tersebut. Saya coba maen ke BEC untuk ngetes wifi-nya di hotspot BEC lantai 3. Tetap gak berfungsi. Setelah saya tanya ke toko tempat beli tuh laptop, ternyata driver wifi-nya cuman butuh di-update. Setelah dikasih update-an dari toko tersebut akhirnya wifi di laptopku bisa berfungsi. Dan brrrr…. akhirnya bisa gratisan browsing di BEC (satu jam saja…).

Oke berikut saya kasih tahu beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kalian yang mau dan baru beli Acer Aspire 4530 (oiya, saya pakai windows XP sp2) :

  • Driver wifi-nya harus di-update
  • Alokasi memory share tidak bisa berubah walaupun sudah beberapa kali coba diganti ukurannya di BIOS. Kira2 kenapa ya ?. itu menyebabkan memory VGA-nya (nVidia GeForce 9100M) menjadi berukuran besar, yaitu 512Mb. Tapi konsekwensinya RAM jadi nyisa 768Mb. Padahal saya lebih butuh RAM yang gede dari pada VGA yang gede. Kayaknya harus nambah RAM nih…
  • Baterai hanya bertahan 2 jam lebih dikit. Itu juga kalau pemakaian normal tanpa melibatkan penggunaan VGA yang berat (Game, Grafis, dll)
  • Kipas & DVD drive agak bising jika dibanding laptop2 lain (tapi gak tahu sih, ini kan laptop pertama, hehe)
  • Satu lagi, tidak disediakan driver Acer Empowering-nya, jadi harus unduh sendiri.

Secara keseluruhan saya puas banget dengan performa laptop ini walaupun RAM-nya belum ditambah. Selain itu body nya juga bagus, mirip para pendahulunya. Saya sarankan jika kalian adalah orang yang suka performa baik untuk grafis atau programming berat, Acer Aspire 4530 adalah pilihan yang cukup tepat.

——–UPDATE : 8 Dec 09———–

Setelah coba menggunakan ubuntu Jaunty, tak ada masalah berarti. Semua hardware terdeteksi dengan baik. Hanya saja driver untuk vga harus cari lagi paketnya dari situs NVidia. Di sana disediakan driver untuk tipe ubuntu yang dipakai, apakah versi 32 bit atau 64 bit, saya sendiri menggunakan Jaunty 64 bit. Untuk info lebih jauh tentang cara instal vga di laptop ini, saya dapat refernsinya dari sini.

51 thoughts on “Product Review : ACER ASPIRE 4530

  1. waaah… kapiheulaan ku eka euy. Duh … lama oge yeuh nunggu digit di rekening bertambah.Selamat… selamat…

    Nb: Kan udah dibelikeun laptop sama mama + papah, jadi kata depan “si” sudah seharusnya dihilangkan ka, kurang sopan ah ka ortu bilang “si” … Hehe… piiiis ka v(^_^)

  2. mau ikutan curhat boleh kah?

    Acer Aspire 4530 emang lebih dari segi harddisk ama vga dibanding notebook lain yg ada di range harga 7jt-an. dan klo gak salah, yg kode belakangnya 741G25Mn (klo gak salah loh ya…lupa) itu udah pake processor AMD Turion X2 RM 74, yg 2.2 ghz (setara ama intel pentium 4 core 2 duo 2.4ghz); HDD 250 GB (walo yg keditek ama windows cuman 220an karena sisanya buat ‘cache’) untuk RAM memang sebaiknya ditambah menjadi 2GB ato 1,5 Gb untuk penggunaan lebih maksimal, walo bawaannya udah 1Gb. saya sudah coba menggunakan software berat sepert Corel draw dan 3Ds Max, notebook yang satu ini emang cukup bisa diandalkan, dan tidak melambat ketika me-render 3ds max.
    kelemahannya mungkin ada di Fan perocessor yang relatif lebih panas dibanding notenbook lain, tapi itu bisa diakalin dengan beli coolpad/pendingin notebook koq..mungkin gitu aja curhat-nya..
    terimakasih dan mohon maaf klo ada kata2 yang kurang berkenan….hanya bermaksud sharing aja, secara saya juga menggunakan ACER Aspire 4530

  3. iya, makasih sharingnya.

    cuman yang masih rada aneh bagi saya, kenapa alokasi memori untuk VGA gak bisa dikecilin ? atau emang gak BIOS gak ngijinin ? ato harus update BIOS ?

  4. wadoh….soal itu gak terlalu ngerti juga ya…memang sih..begitu di instal windows juga langsung si windows tuh ngedeteknya VGA 512 ama memory 768..tapi klo liat di bios-cmos sih, allocatednya vga tuh tercatat cuman 256. saya pernah tanya tehnisi yg saya kenal, klo ada tulisan “physical memory allocated” ketika buka propertiesnya My Computer, nah si 256 yg ilang dari memory tuh ostosmastis larinya ke VGA (katanya loh…saya juga gak terlalu paham soalnya) dan si BIOS itu emang bawaannya acer, jadi sepertinya agak riskan klo mo di update ato semacamnya…beresiko untuk failed dan tidak bisa digunakan

    cuman saran aja, klo beli baru n gak di instalkan Windows ama tokonya..mendingan minta bantuan ama org yg lebih ngerti buat instal deh…dari pada binun n malah seteres sendiri liat Linpus-Linus yg cuman text doang hehehe…(cuman saran aja….)

  5. oh iya aq mw nanya ne…..
    gimana cara ngaktifin empowering acer 4530 AMD turion x2.
    n bisa ga aq dikirimin driver WLAN nya.
    please ya..
    laptop q lagi bermasalah disitu.
    thanks ya…….

  6. sy mau jual Acer 4350 speck sm dg di atas, HR 160G, RAM 1 G 512 Mb, Multimedia, Masih Mulus Segel. Sy Jual Rp.5.500.000Jt. Hub 081343792622, 04112578181

  7. Boleh Ralattt… Sekedar Info aja..
    Buat no. 6 GENO..
    dia blg “HDD 250 GB (walo yg keditek ama windows cuman 220an karena sisanya buat ‘cache’)”
    “sisanya buat cache” hmm… cache apaan?? yakin???
    setau gw gini..
    itu kedeteknya 232,88GB knp?? gini ceritanya..
    buat org2 1000x1000x1000= 1 milyar = 1 giga..
    buat komputer 1024x1024x1024 = 1 milyar = 1 giga juga..
    tapi laen jumlah.. ngerti ga..

    artinya gini:
    232,88 GB =
    232,88 x 1024 x 1024 x 1024 = 250.052.995.973 Byte

    dimana 250.052.995.973 Byte = 250GB buat itungan org.. padahal itu 250 milyar Byte..

    Jadi sebenernya 250 GB tidak sama dengan 250 milyar Byte..

    Gitu ceritanya..

    buat itungan HardDisk rata2 org ngitungnya kaya gitu..
    kecuali itungan buat RAM baru bener..
    klo RAM 512MB = 536.870.912 Byte.. Gak ada kan org yg bilang RAM 512 MB itu 536 MB.. pdhl itu kan klo mo itung2an cara org ngitung itu jumlahnya 536 juta Byte..
    Knp kaya gitu..
    Mungkin..
    Selisih cuma 20MB gak gitu ada artinya buat org2.. tp laen halnya ma selisih 18 GB.. wow.. buat narik konsumen aja.. karena HD dipake tempat penyimpanan data.. sedangkan RAM cuma penyimpanan data sementara.. :p

  8. utk para pengguna 4530, VGA card yg digunakan oleh 4530 itu lebih kearah self support tanpa membebankan ke board ( turbo cache ).
    Untuk melihat berapa sebenarnya tenaga yang dikeluarkan bisa menggunakan windows vista.
    VGA 256Mb tidak mengurangi pemakaian memory. Untuk pemakaian memory diharapkan memakai SODIMM dgn kualitas HIghEnd karena akan sangat membantu kinerja AMD Processor. Minimum adalah Kingston the best performance bisa dipakai Elixir SODIMM (http://www.elixir-memory.com/index.asp).
    VGen adalah memory standard yg kurang bisa mendongkrak performance AMD yang membutuhkan quick response
    Thanks everybody

  9. ijin save dl ya
    sama saya jg pake Aspire 4530, iya kyknya msh ada problem d wirelessnya, tp kalo d Ubuntu 8.10 dah plug n play malah

  10. Bwt kasus VGA yg ga bisa disetting, mungkin itu yang diistilahkan VGA DEDICATED kali, setingnya otomatis tergantung memory RAM, makin gede RAM makin bertambah pula memory VGA nya secara otomatis tanpa harus diseting.

    Eka jadi beli lapi nya dimana nih bwt recom aja, soalnya aku jg lagi hunting cari lapi… bisa pake Kartu Kredit ga ya?

    1. @ Kidoy :
      hmm gitu ya..
      saya belinya di BEC lantai 2. nama tokonya lupa nih.. yang jelas banyak dipajang product acer. untuk kartu kredit kayaknya bisa, tergantung tokonya ajah.

  11. oya q numpang nanya ne ada ga dongle vga eksternal buat aspore 4530 (asumsinya dongle u/ discrete vga) truz lw ada belinya dimana ya….ada ga di surabaya??

    1. mungkin mas banyak jalanin program berat kali.. ato kalau pake windows biasanya ada virus yang makan memori dan prosesor cukup banyak.

  12. Gini. Acer 4530 q awalnya kena virus. Trus coba dibersihin pk smadav n pcmedia yang terbaru tp gak bisa. Akhirnya q instal ulang. Awalnya diinstal pk windows xpsp2, bisa tp bermaslah dgn tampilan. Gambar LCD pecah2. Trus q ganti vista starter tp sering gagal boot. Kadng bisa kadang gak. Q binung kr2 maslhnya ada diharddisk atau OS yang gak cocok?

  13. Acer 4530 sy dari beli 2008 (msh X2 yang 2 GHZ)
    cuma update bios aj
    trus up RAM jd 2,5 GB
    dan pake OS XP SP2.
    untuk wifi, game dan grafis lancar2 aj sampe sekarang
    cuma ada masalah di Webcam aj.

  14. aq makai acer 4530 untuk maen game pes 2010 memori uda aq update 3 gb (slot 1=1 giga, slot 2=2 giga)tetapi waktu maen sebentar aja laptop langsung mati padahal baterai masih penuh n aq charge, trus settingan gambar n ukuran pada game uda aq setting low. mungkin temen2 ada yang tau solusinya mohon pencerahan ya thx

    1. ijin share rif,,gni,stw ku kalo ukuran ram gag sama bakal crash satu sama lain,,saran ku sih ganti tuh ram yg 1gb jd 2 gb jg,,biar klop satu sama lain,

  15. saya pake ubuntu 9.04 64 bit di acer 4530, belinya di BEC juga heheh…tapi wirelessnya gak jalan. ada yg bisa bantu gitu ?

    1. kenapa ya ? harusnya bisa sih, kalau di windows jalan gak ? kalau di windows jalan ya berarti harus cari driver khusus bwat wirelessnya

  16. swory numpang lewat….

    banyak bermasalah soal webcam bios dll, itu di seri acer yang rm 70, yang masih lama…. kalo yang di atas 2009.. masalh udah terpecahkan ma pihak acer… untuk grafis bagus, pakai memory merk patriot, itu merk 1 tingkat di atas kingston… kalo vga, smua lapie mesti share/dedicated ma RAM, semakin tinggi memory semakin naik kapasitas vga… kalo isa, pake xp sp3 yang 64bit… dah banyakdi blog2 tentang bahas lapie ini mengatakan seperti itu…

    sekedar info aja, kalo salah, tolong di betulin… hehe masih newbie

  17. ACER ASPIRE 4530,buat saya sangat mantab sekali,saya musisi di cafe2,saya biasa pake Acer saya utk biin sampling musik,dengan menggunakan software FruityLoop 9,Sony Acid music studio 7 & untuk visual Sya pakai Sony Vegas 7,Seberat apapun software yg saya pakai,sebanyak apapun software yg terinstall di Acer 4530 saya,Gak pernah sekali pun lambat / berat pengoprasiannya……ACER ASPIRE 4530 is the best

  18. Aq Pake ASPIRE 4530 RM 70 Yang msh lama , Memory Upgrade 2 GB Satu Keping Merk V-Gen, Yang Semula 512 MB Merk Elixir , Kok VGA Terdeteksi tetap 512 MB ? Sedangkan Pada Acer ASPPIRE 4540 Semula VGA 387 MB dgn Memori 1 GB Setelah ditambah Memori Sebesar 1 GB, VGA Terdeteksi 787 MB! Mengapa Tidak Berubah untuk ACER ASPIRE 4530?

  19. aduh boz ada yang tau driver VGA acer 4530 gak??
    ane pake windows 7 tapi gak bisa terinstal drivernya..
    kalo yang punya link bagi dund

  20. mau tanya ni mas kira2 bagus mana 2 gb ram 1 slot atau 2 gb ram 2slot 1+1 gb…
    soal nya ada yang bilang bgus pke 1+1 gb agar kedua channel nya aktif

  21. Asalamuallaikum Wr Wb.
    Mas mw tanya saya pake laptop amd turion X2 64 krang lbih dah 5 tahunan
    kenapa ya klo di instal windows Xp sp 2 di tengah2 instal laptop tiba2 mati,,,
    tapi klo saya instal windows seven aman2 saja

    1. waalaikumsalam

      Kalau laptop mati ditengah jalan, biasanya ada masalah dengan suhu prosesor. Bisa karena prosesornya terlalu panas atau pendinginnya yang tidak optimal. cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s