Landasan Psikologis dalam Pendidikan

Tulisan ini merupakan sebuah makalah yang disusuan oleh saya dan beberapa rekan di pendidikan ilmu komputer UPI sebagai salah satu syarat dalam pelaksanaan tugas mata kuliah Landasan Pendidikan dengan pokok bahasan “Landasan Psikologis dalam Pendidikan”.

Sehubungan dengan pentingnya mengetahui tentang landasan psikologis dalam pendidikan maka pembahasan yang kami lakukan sangat perlu untuk dibincangkan. Pada dasarnya keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh pemahamannya tentang seluk beluk landasan pendidikan termasuk landasan psikologis dalam pendidikan.

Perbedaan individual terjadi karena adanya perbedaan berbagai aspek kejiwaan antar peserta didik, bukan hanya yang berkaitan dengan kecerdasan dan bakat tetapi juga perbedaan pengalaman dan tingkat perkembangan, perbedaan aspirasi dan cita-cita bahkan perbedaan kepribadian secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pendidik perlu memahami perkembangan individu peserta didiknya baik itu prinsip perkembangannya maupun arah perkembangannya.

Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah agar pendidik dapat memahami perkembangan peserta didiknya berdasarkan tahapan usia perkembangannya sehingga diharapkan tidak ada kekeliruan dalam mengenali dan menyikapi peserta didiknya. Dengan demikian proses pendidikan pun akan berjalan dengan lancar.

Adapun materi di dalam makalah ini mencakup :

  1. Pengertian Landasan Psikologis dalam Pendidikan
  2. Perkembangan Individu dan Faktor yang Mempengaruhinya
  3. Tahapan dan Tugas Perkembangan Serta Implikasinya Terhadap Perlakuan Pendidik
  4. Teori Belajar dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

[dowload makalah full]

12 thoughts on “Landasan Psikologis dalam Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s