Pengantar Sistem Pendukung Keputusan

Oleh : Eka Risyana Pribadi

Tulisan ini adalah seri ketiga dari hasil pembuatan makalah seminar Pendidikan Ilmu Komputer UPI, tulisan sebelumnya yaitu tentang pengertian data, informasi, pengetahuan dan sistem dan tentang pengantar data warehouse

Pengertian Keputusan

Salah satu aspek dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah keputusan itu sendiri. Keputusan merupakan suatu pilihan dari berbagai macam alternatif yang diambil berdasarkan kriteria dan alasan yang rasional. Proses pengambilan keputusan sering disebut juga sebagai penyelesaian suatu masalah. Vercellis (2009: 24) menggambarkan proses pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah dengan diagram alir berikut ini.

Proses-keputusan
Gambar 1 : Diagram Alir Proses Pengambilan Keputusan (Vercellis, 2009: 24)

Berdasarkan diagram tersebut dapat dijelaskan bahwa suatu keputusan diambil berdasarkan alternatif yang ada dengan berpatokan pada kriteria yang telah ditentukan.

Pengertian Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan aplikasi interaktif berbasis komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah. Hal yang harus ditekankan adalah SPK bukanlah suatu sistem untuk mengambil keputusan secara langsung, akan tetapi sebagai pendukung pemegang keputusan dalam proses pengambilan keputusan. Vercellis (2009: 36) menyebutkan bahwa ada tiga aspek utama dalam SPK yaitu data, model matematis dan antarmuka pengguna.

Aspek pertama yaitu data. Data yang digunakan dalam SPK adalah data yang diambil dari data warehouse pada organisasi tersebut. Terkadang data yang dipakai berupa data mart, yakni data dari data warehouse yang telah dikategorikan berdasarkan kebutuhan organisasi. Hal tersebut secara tidak langsung menegaskan bahwa data warehouse merupakan fondasi dalam SPK.

struktur_dss_main
Gambar 2 : Struktur Utama SPK (Vercellis, 2009: 36)

Aspek kedua yaitu model matematis, merupakan bagian untuk menganalisis data yang berada di data warehouse. Model matematis ini dapat berupa analisis statistika yang biasa digunakan dalam mengolah data. Model matematis ini berfungsi untuk merubah data menjadi informasi dan knowledge yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Aspek ketiga adalah antarmuka pengguna (user interface). Aspek ini merupakan aspek yang secara langsung dilihat dan berinteraksi dengan end user atau dalam hal ini pemegang keputusan. Data yang ditampilkan harus memberikan informasi yang valid, reliable, dan dapat mendukung untuk pengambilang keputusan. Agar dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan, data yang ditampilkan biasanya menggunakan berbagai jenis grafik, animasi, atau peta yang berguna untuk melengkapi data yang ada.

Jenis-Jenis SPK

Untuk memahami lebih komperhensif mengenai suatu masalah, akan semakin mudah jika masalah terserbut dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria. SPK dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa jenis kriteria yaitu berdasarkan hubungannnya dengan pengguna, berdasarkan cakupannya, berdasarkan tujuan, berdasarkan jenis pengguna, berdasarkan komponen yang dominan dan pengendali pendukung keputusan, serta masih banyak lagi.

Dalam pembahasan ini akan dibahas sekilas mengenai jenis SPK berdasarkan teknologi dominan yang digunakan untuk menyediakan dan memfasilitasi dukungan pengambilan keputusan. Power (Mora, 2002: 23) mengemukakan bahwa ada lima kategori SPK berdasarkan hal tersebut yaitu : communication-driven, data-driven, document-driven, knowledge-driven, dan model-driven.

Referensi

  • Vercellis, Carlo. (2009). Business intelligence : data mining and optimization for decision making. Chichester: John Wiley & Sons.
  • Mora, Manuel., Forgionne, Guisseppi A., Gupta, Jatinder N.D. (2002). Decision Making Support System : Achievement and Challenges for the New Decade. Hershey : Idea Group Publishing

      1. Berdasarkan diagram tersebut dapat dijelaskan bahwa suatu keputusan diambil berdasarkan alternatif yang ada dengan berpatokan pada kriteria yang telah ditentukan.

One thought on “Pengantar Sistem Pendukung Keputusan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s