Kaos Yang Salah Tempat : Merubah Style

Beberapa hari sebelum perkuliahan pertama dimulai, saya iseng jalan-jalan ke kampus dan menyempatkan mampir ke ruang tata usaha ilmu komputer di gedung JICA. Nampak masih asing lingkungan tersebut. Hampir tidak ada orang yang saya kenal. Oke tak apa-apa, saya percaya diri saja dengan kaos merah dan celana panjang yang tak resmi. Saya masuk ke ruangan tersebut dan menanyakan berbagai hal untuk mencoba PDKT dengan para penghuni ruangan prodi.

Salah satu petugas ruangan tersebut memastikan bahwa saya adalah mahasiswa baru. Saya dibentak, dibentak di depan beberapa senior yang ada di ruangan tersebut. Mereka sontak mengarahkan pandangannya ke arah saya. Alasannya simpel, saya pakai kaos oblong merah yang tetap terlihat rapi padahal. “Lanceuk maneh ge teu make kaos, naha ari maneh”. Beliau mengatakan bahwa senior saja gak ada yang berani pakai kaos tapi saya malah pakai kaos.

Oke deh, saya hanya tersenyum sambil berharap ada senior baik hati yang meminjamkan jaketnya untuk saya pakai sementara waktu. Dari sana saya belajar untuk berpakaian rapi menggunakan kemeja (karena saya gak punya kaos berkerah) jika akan masuk ke ruangan prodi. Saya tidak menggerutu dan tidak pula mendebat petugas yang menegur tersebut, padahal saya yakin di sana tidak ada peringatan tertulis mengenai larangan menggunakan kaos. Saya pun sebenernya bisa berdalih dan beralasan bahwa saya adalah mahasiswa baru yang wajar kalau salah.

Dan, mungkin peristiwa inilah yang membuat style berpakaian saya lebih resmi, dengan kemeja dan celana panjang non-jeans, tidak terlalu casual seperti kebanyakan mahasiswa baru.

2 thoughts on “Kaos Yang Salah Tempat : Merubah Style

Tinggalkan Balasan

