Janissary

Istilah ‘Janissary’ pertama saya ketahui lewat game komputer. Nama gamenya Age of Empire II. Setelah itu, gak sengaja saat kelas 2 SMA membaca buku sejarah. Pada chapter mengenai kebangkitan bangsa-bangsa asia, disebutkan pula istilah yang sama, namun dengan penulisan sedikit berbeda. Semakin kagum deh jadinya dengan istilah ini.

Janissary adalah kesuatuan militer di zaman Kesultanan Utsmaniyah (Ottoman Empire). Karena kagum dengan sejarah kesatuan militer ini, saya pun mengambilnya menjadi bagian dari ID salah satu alamat email. Semenjak itu jadi sering cari-cari info di internet.

Dibentuk oleh Sultan Murad I pada abad 14 Masehi dan dibubarkan oleh Sultan Mahmud II pada tahun 1826 Masehi (Wikipedia). Awalnya dibentuk sebagai tentara pengawal Sultan. Lalu menjadi tentara reguler Kesultanan Utsmaniyah. Beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa rekrutmen di kesatuan ini adalah dengan cara mengambil anak-anak dari wilayah penaklukan lalu melatihnya menjadi pasukan yang tangguh. Pembubaran kesatuan ini dikarenakan janissary memberontak kepada Sultan. Walau begitu, kesimpulan saya tentang janissary adalah: deadly and unbeatable.

Buktinya ? di beberapa game komputer, unit Janissary ini adalah yang terbaik dari unit lain yang setipe. Baik itu dari segi attack, defense, dan morale. Artinya, para desainer game tentu saja mengkaji terlebih dahulu sejarahnya. Dan seperti itulah buktinya. Berikut ini adalah game komputer yang di ada ‘Janissary’ nya, kebetulan yang pernah saya mainkan :

  • Age of Empire II
  • Age of Empire III
  • Empire Earth II
  • Medieval II : Total War

Itulah mengapa lebih senang memakai faction Turki di game-game tersebut, karena punya unit janissary. Walau recruitment cost-nya mahal, tapi sepadan dengan attack dan morale yang tinggi. Berdasarkan dari game yang pernah dimainkan, setidaknya ada tiga jenis unit janissary : infantry, musketeer (petembak), dan archer (pemanah). Fakta sebenarnya mungkin tidak seperti itu, saya belum tahu.

Kira-kira ada game lain gak ?😀

Kostum janissary, saat perayaan 556 tahun pembebasan Konstantinopel (www.biyokulule.com)

2 thoughts on “Janissary

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s