Kepuasan Kerja. Bagaimana Mendapatkannya ?

Tiba-tiba tertarik membahas tentang kepuasan kerja. Beberapa waktu yang lalu saya membaca buku mengenai pengembangan karir. Di sana dibahas mengenai passion dan fulfillment. Pada coretan ini akan sedikit dikupas tentang fulfillment alias kepuasan kerja, berdasarkan pengalaman.

Semenjak kuliah tingkat tiga, mulai iseng cari tambahan uang diluar pemberian orang tua. Saat itu pernah menjadi operator warnet. Kepuasan kerja menjadi operator warnet adalah saat ada pelanggan datang lalu saya bersikap ramah pada mereka dan mereka terlihat senang. Itu sangat memuaskan. Atau ketika pelanggan mengalami masalah dengan komputernya lalu saya datang dan menyelesaikan masalahnya. Itu sangat memuaskan.

Setelah lulus kuliah, sempat mengajar selama satu tahun lebih. Selepas mengajar selalu ada kepuasan batin. Begitu juga ketika melihat siswa antusias mengikuti kelas. Ada kepuasan tersendiri ketika menjelaskan materi lalu siswa menjadi paham. Kepuasan batin saat mengajar itu bagaikan… perasaan si bunga mawar saat dia akan mekar *halah*

Beda lagi dengan industri IT. Pekerjaan yang sedang saya geluti ini memang sangat menantang. Kepuasan kerja bisa diraih setiap hari, setiap minggu, atau di akhir proyek. Tapi harus hati-hati. Jika tidak bisa mengatur mindset selama bekerja, bisa-bisa tidak dapat kepuasan sama sekali. Secara garis besar, kepuasan di industri IT tidak terletak ketika selesai membuat program, melainkan saat mengetahui bahwa apa yang kita buat ternyata digunakan dan bernilai tambah bagi orang lain.

Kesimpulan dari tiga jenis pekerjaan tersebut adalah… kepuasan kerja didapat saat kita mampu memuaskan orang lain dan kepuasan kerja tidak dapat dibayar dengan apapun. Jadi, mulailah dengan memuaskan orang lain🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s