Pengalaman Sakit Campak

Sekedar sharing mengenai pengalaman sakit (gejala) campak. Saya mengalaminya sekitar pertengahan bulan Maret 2013 yang lalu. Berikut ini kronologinya.

Hari 1 : Mulai terasa demam di pagi hari, ditangani dengan panadol hijau

Hari 2 : Masih demam, tetap minum panadol hijau

Hari 3 : Masih demam, ganti jadi panadol biru

Hari 4 : Masih demam, mulai sadar ada bintik merah di badan (dada, perut, punggung), tangan dan kaki namun belum terasa gatal. Periksa ke RS Santo Yusup. Hasil tes darah tidak ada yang mengkhawatirkan karena semuanya normal termasuk trombosit. Diberi obat penurun panas (Sanmol) dan Vitamin (IMOX). Kata dokter kemungkinan saya terkena campak.

Hari 5 : Masih demam, bintik merah tetap ada dan mulai terasa gatal. Ceckup ke RS Santo Yusup. Hasil cek darah tetap bagus, diberi tambahan obat berupa antibiotik dan obat flu.

Hari 6 : Demam agak mereda, bintik merah berkurang namun jadi lebih sering gatal.

Hari 7 : Demam reda, bintik merah sudah lebih berkurang, tidak terlalu gatal.

Hari 8 : Demam reda, bintik merah hilang, gatal jadi jarang.

Kalau dirangkum, keluhan dari hari pertama sampai hari terakhir (sampai saat ini menulis), gejala yang terasa itu hanya demam, bintik merah, dan gatal-gatal. Dikarenakan ada gejala demam dan bintik merah, sempat khawatir pula ada kemungkinan demam berdarah. Namun setahu saya, kalau demam berdarah itu gejalanya selain demam tinggi dan bintik merah, biasanya perut mual, pusing, dan sampai muntah-muntah. Tapi itu gak terjadi pada saya. Walau begitu, untuk memastikan maka saya tes darah saja dan dua kali tes darah memang tidak ada yang mengkhawatirkan. Selama masa penyembuhan, sesuai saran dokter, diharuskan banyak minum, makan sayuran, buah-buahan dan bubur.

Sempat iseng-iseng cari di internet, dari gejala-gejala yang terjadi kemungkinan saya terkena campak atau roseola. Kalau kata orang tua, sakit campak biasanya hanya terjadi sekali seumur hidup dan biasanya terjadi di masa kanak-kanak.

Oke deh, sekarang sudah pulih. Ternyata kesehatan itu penting. Jagalah kesehatan, karena orang sehat punya banyak harapan, sedangkan orang sakit hanya punya satu harapan.

One thought on “Pengalaman Sakit Campak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s