Pengalaman Mengikuti JLPT

Sekitar minggu lalu saya mengikuti Nihongo Noryoku Shiken atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Level ujian yang diikuti adalah N5. N5 merupakan level paling paling bawah sedangkan level paling atas adalah N1. Pendaftaran ujian sebenarnya sudah lama, yaitu sejak bulan April, namun ujiannya sendiri berlangsung bulan Juli.

Alasan mengikuti JLPT adalah karena iseng saja sih, hehe. Berhubung saat ini bekerja di perusahaan asal Jepang, hampir setiap hari pasti bersinggungan dengan bahasa Jepang, entah itu lewat email maupun perbincangan. Tentu saja saya tidak mengerti, hehe. Setelah dipikir-pikir… belajar bahasa baru, kenapa tidak ?. Mulailah belajar hiragana, katakana, hingga sampailah pada materi persiapan test N5.

Buku panduan untuk N5 sendiri cukup banyak di pasaran. Sepenemuan saya, ada tiga buku di pasaran. Saya sendiri menggunakan dua buku yang berisi latihan soal dan teori praktis. Buku-buku keluaran Gakushudo cukup membantu untuk belajar mandiri. Sedangkan untuk menghafal kanji, saya menggunakan aplikasi Obenkyo (Android).

Ada tiga bagian test : vocabulary (termasuk kanji), dokkai (bacaan), dan choukai (listening). Bagi saya yang paling sulit itu adalah bagian dokkai, karena banyak soal mengenai pola kalimat. Tapi nothing to lose saja sih, toh baru pertama belajar.

Lokasi ujian untuk N5 yaitu di kampus UNSADA Jakarta Timur. Peserta ujian pun lumayan banyak. Karena bulan Juli tahun ini hanya dilakukan di Jakarta, kemungkinan peserta ujian banyak juga yang datang dari luar kota. Ada hal unik, peserta ujian ada yang masih bocah berumur sekitar 8 tahunan. Bocah itu diantar ibunya ke ruang ujian. Duh, baru kali ini ujian satu ruangan dengan anak kecil.

Oke deh, sekian dulu, mudah-mudahan hasilnya bagus dan tahun depan bisa ikut yang N4.

—————–
update 10 September 2013
—————–

Dua hari yang lalu saya buka web http://www.jlpt.jp untuk mengecek hasil test. Dan alhamdulillah test N5 saya lulus dengan nilai 159/180 (A,A,A)
image

11 thoughts on “Pengalaman Mengikuti JLPT

  1. pengen punya buku panduan JLPT N5, saat cari di Gramedia kendari, saya tak dapat, dimana yah untuk pesan online?

Tinggalkan Balasan

