3K: Karir, Kuliah lagi, Kawin. Selalu Ada Alternatif Lain

Akan tiba masanya saat kita dipusingkan oleh berbagai pilihan. Di usia keemasan (bahasa pribadi untuk menggambarkan masa-masa setelah lulus kuliah dan baru mulai kerja) biasanya ada tiga pilihan fokus, yaitu 3K: KARIR, KULIAH LAGI, KAWIN. Apapun pilihannya, selama kita yakin sih oke-oke saja. Setiap pilihan mempunyai konsekwensi. Ada plus minusnya masing-masing.

Dengan memilih KARIR, kita bisa belajar langsung di dunia kerja sekaligus bisa meraup rupiah. Dengan memilih KULIAH LAGI, kita seolah-olah mundur beberapa langkah untuk mengambil ancang-ancang agar bisa lari lebih kencang. Dengan memilih KAWIN, hidup jadi ada pendamping dan akan lebih tenang, katanya sih gitu.

Namun di luar dari ketiga jenis pilihan tersebut, ada juga orang yang lebih memilih untuk melakukan hal-hal baru. Misalnya, seorang lulusan jurusan ekonomi yang sedang bekerja di bidang akuntansi memilih untuk belajar bahasa asing kedua, misalnya bahasa mandarin. Setelah berhasil mempelajari bahasa mandarin sampai level tertentu, dia akan mencoba hal lain, misalnya belajar main piano. Begitulah seterusnya, sampai akhirnya dia puas melakukan banyak hal baru. Jika pilihan ini yang dipilih, kita harus punya batasan waktu yang tegas, kapan melakukan hal baru dan kapan melakukan hal yang lebih penting.

Ngomong-ngomong soal melakukan hal baru, beberapa waktu yang lalu ada talk menarik di TED. Topiknya tentang melakukan hal yang baru dalam 30 Hari. Di sana diceritakan seorang software engineer melakukan berbagai hal baru masing-masing selama 30 hari. Bersepeda ke kantor, menulis novel, dan memotret setiap hari. Cukup menginspirasi. Selengkapnya silahkan ke tkp : Matt Cutts: Try something new for 30 days #TED : http://on.ted.com/sTg8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s