Laskar Pelangi, Bandung-Jakarta, dan Perbincangan Dua Penumpang

Apakah ini kebetulan atau tidak ?. Di perjalan Bandung-Jakarta saya isi dengan membaca Laskar Pelangi dan beberapa halaman Alquran. Di sela-sela membaca, terdengar dua penumpang di belakang berbincang-bincang. Awalnya tidak jelas apa yang mereka bicarakan. Salah seorang diantaranya sangat dominan bicara, sementara yang satunya lagi lebih pendiam. Awalnya saya gak terlalu peduli, sampai akhirnya mereka membahas tentang beasiswa. Si pembicara dominan itu ternyata punya anak SMA yang pernah ikut pertukaran pelajar di Jerman. Saya mulai tertarik, ya… tertarik nguping.

Pengetahuan dan pengalaman si dominan itu pun menegaskan bahwa dia bukan orang biasa, paling tidak, di dunia per-beasiswa-an. Si dominan terus berbicara sedangkan di pendiam lebih banyak bilang ‘ooh’, ‘iya’, ‘betul’. Dibawah ini saya sampaikan beberapa kalimat yang dikatakan oleh si dominan kepada si pendiam :

  • “Mumpung sudah kerja, nothing to lose aja, dapet (beasiswa) syukur, nggak dapet ya gak apa-apa”, ucapannya itu terasa pedas di telinga saya.
  • Ucapan lainnya adalah “Kalau lagi pacaran, kita bela-belain nyari tahu apa yang pasangan kita suka dan apa yang tidak dia suka. Tapi kalau melamar bewasiswa atau kerja, kenapa kita malas mencari informasi ?”
  • Dan ucapan terakhirnya adalah “Beasiswa S1 sedikti, kalau S2 banyak. Tahu Regina-Idol ?, dia kan berkali kali ikut audisi dan akhirnya lolos, bahkan dia bisa jadi juara. Begitu juga dengan mengejar beasiswa”.

Kembali ke awal, entah kebetulan atau tidak, novel Laskar Pelangi yang sedang saya baca itu menceritakan salah satunya adalah tentang pendidikan (beasiswa), dan di saat yang bersamaan, di perjalanan Bandung-Jakarta ada dua penumpang yang membicarakan tentang beasiswa. Kuping ini panas. Adrenalin pun meningkat. Selamat malam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s